Karya Inovasi SMPN 2 Margasari Pemanfaatan Kincir Air Hidroponik Berirama Bertenaga Surya

Kincir air hidroponik berirama bertenaga surya/matahari adalah seperangkat teknologi sederhana terbaru yang berhubungan dengan seni dan peralatan elektrik. Meskipun sederhana, perangkat ini merupakan hal baru dalam dunia perindustrian. Jika mendengar kata Kincir air, PLTS, tentu tak akan asing, karena sudah banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia. Peralatan ini, bukan untuk tujuan komersiil, melainkan untuk digunakan sebagai wahana edukasi dalam dunia Pendidikan khususnya di tingkat sekolah menengah.

Bentuknya yang sangat sederhana, terkesan bentuk permainan kecil, tetapi hasil yang didapat cukup menjanjikan bagi kehidupan. Selain bisa menjadi media edukasi, karya ini, boleh jadi akan berkembang menjadi bentuk yang besar yang memiliki banyak manfaat, baik di bidang pertanian, Perkebunan dan teknologi. Hanya dengan memanfaatkan panas matahari,mampu menggerakkan motor/dinamo yang mampu menghisap air untuk menghasilkan debit air yang dialirkan untuk memutar kincir air dan kemudian peprutarannya dapat menghasilkan suara dengan irama yang diatur sesuai lubang intervalnya.

Seperangkat material ini terdiri dari beberapa komponen yakni :

  • Panel Surya
  • Air dalam tempat tertentu (bisa di alam atau dalam sebuah taman)
  • Motor listrik/dinamo/pompa air
  • Kincir dari bambu
  • Peralon
  • Batang As dari besi 8mm untuk
  • Batang Bambu 30 cm dengan interval lubang 1cm
  • 6 – 8 gerigi daro bambu sepanjang 5 cm.
  • 6 Batang bambu pemukul Panjang 10 cm lebar 1,5 cm

Adapun manfaat dari alat ini diantaranya untuk keindahan, relaksasi dan alat peraga/edukasi di dunia Pendidikan. Dalam dunia pertanian alat ini bisa digunakan untuk mengusir hama, burung dan yang lainnya. Dalam dunia tata ruang kota, alat ini bisa dimanfaatkan pembuatan taman kota agar terasa indah, sejuk dan nyaman.

Cara kerja alat ini adalah Panas Surya yang merupakan komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik bertindak sebagai pemeran utama yakni menghasilkan listrik untuk menggerakkan pompa air/dinamo. Dari pompa, air di hisap ke atas untuk dialirkan/diterjunkan melalui   bambu/peralon yang mampu menggerakan kincir air berputar secara statis. Kincir yang dibuat ada sambungan As yang di selipkan bambu besar berisi gerigi dengan interval tertentu. Gerigi yang sudah di atur dengan interval tertentu, dimaksudkan agar menghasilkan nada atau irama yang diinginkan, bisa berupa lagu /music sederhana yang syahdu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *